MS Hidayat: Industri Harus Dipaksa Bangun Smelter

Written By Unknown on Wednesday, September 19, 2012 | 2:00 AM

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menargetkan mulai 2014 langkah yang tepat untuk memulai hilirisasi industri. Meskipun tak menargetkan 100%, ia akan memaksa kalangan industri untuk melakukan hilirisasi termasuk membangun smelter.

"Hilirisasi setelah puluhan tahun (dibicarakan) pasti mereka (kalangan industri) komplain. Saya mengerti keberatan ini tetapi harus dipaksakan dengan pengawalan dari kami," katanya saat raker dengan komisi VI di Gedung DPR Jakarta, Rabu (19/09/12).

Hilirisasi adalah program yang dicanangkan pemerintah untuk mendapatkan nilai tambah dari barang tambang yang diolah di dalam negeri. Hal ini penting dilakukan agar Indonesia tak terus mengekspor barang tambang mentah. Oleh karena itu, menurut MS Hidayat penting bagi para industri untuk membuat smelter.

"Smelter membutuhkan modal yang tinggi, sementara itu listrik juga kita siapkan atau minta investor buat power plant. Kita jamin itu dan kita kasih insentif. Khusus untuk Jawa Timur kita akan buat spot-spot smelter karena mereka kelebihan power listrik. ," katanya.

Ia langkah paksaan pemerintah terhadap program hilirisasi akan membuahkan hasil. Walau nantinya hilirisasi tidak akan berjalan 100%. "2014 mungkin tidak 100%, hilirisasi akan membuat investasi yang besar jumlahnya. 70% target hilirisasi 2014 kita dapatkan," pungkasnya.

(wij/hen)


Anda sedang membaca artikel tentang

MS Hidayat: Industri Harus Dipaksa Bangun Smelter

Dengan url

http://tackletheproblemofdandruff.blogspot.com/2012/09/ms-hidayat-industri-harus-dipaksa_19.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MS Hidayat: Industri Harus Dipaksa Bangun Smelter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MS Hidayat: Industri Harus Dipaksa Bangun Smelter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger