Masih Terus Merugi, Merpati Diusulkan Jadi Seperti TVRI

Written By Unknown on Tuesday, September 25, 2012 | 2:01 AM

Jakarta - Terus meruginya PT Merpati Nusantara Airlines hingga ratusan miliar membuat DPR gerah. Kalangan DPR memberikan masukan jika tidak mau ditutup, lebih baik status Merpati dijadikan seperti TVRI.

TVRI kini perusahaan dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang tidak perlu mengejar laba lagi dan statusnya hanya bekerja sosial.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Manajemen Merpati di Komisi XI, DPR, Selasa (25/9/2012).

"Lebih baik dijadikan seperti TVRI saja, tugasnya seperti tugas sosial, jadi tidak perlu mencari keuntungan lagi, layani masyarakat khususnya daerah perintis, sama seperti PELNI," ucap Melchias dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Dirut Merpati, di Komisi XI DPR, Selasa (25/9/2012).

Menurut Melchias, Direksi Merpati saat ini kembali meminta bantuan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 200 miliar lagi, padahal tahun sebelumnya sudah mendapat PMN Rp 561 miliar. Hal ini sama saja seperti membuang garam di lautan.

"Direksi Merpati mau minta tambahan Rp 200 miliar PMN lagi, ini sama saja kita buang garam di lautan, percuma, besok-besok ganti Dirut baru, ya ujungnya minta PMN lagi, minta duit negara lagi, mau sampai kapan," kata Melchias.

Dirinya juga mengkritik tidak adanya kesepahaman antara Menteri Keuangan dan Menteri BUMN. "Saya juga melihatnya antara Menteri Keuangan dengan Menteri BUMN tidak satu pemikiran, programnya BUMN tidak jelas, yang satu ingin ditutup saja, yang satunya ingin dilanjutkan," katanya lagi.

Pasalnya dengan PMN yang sudah diberikan ke Merpati totalnya mencapai Rp 1 triliun lebih, jika ini diberikan ke perusahaan baru, dengan dana sebesar itu perusahaan tersebut sudah bisa beli banyak pesawat, pinjaman bank yang lancar tanpa ada track record hutang bertumpuk.

"Bayangkan Rp 1 triliun lebih sudah uang negara diberikan ke Merpati, hasilnya rugi lagi rugi lagi, mending dibuat perusahaan baru, bisa beli banyak pesawat dengan uang segitu. Didaerah minta anggaran Rp 5-10 triliun untuk bangun jalan saja susahnya setengah mati, ini Rp 200 miliar yang dirasa sudah tidak ada hasil jadi buat apa kita setujui tambahan modal," tandas Melchias.

(rrd/dru)


Anda sedang membaca artikel tentang

Masih Terus Merugi, Merpati Diusulkan Jadi Seperti TVRI

Dengan url

http://tackletheproblemofdandruff.blogspot.com/2012/09/masih-terus-merugi-merpati-diusulkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masih Terus Merugi, Merpati Diusulkan Jadi Seperti TVRI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masih Terus Merugi, Merpati Diusulkan Jadi Seperti TVRI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger