Susul Pabrik iPhone, Samsung Berniat Bikin Pabrik HP di Indonesia

Written By Unknown on Friday, September 14, 2012 | 2:00 AM

Jakarta - Perusahaan asal Korea Samsung Electronic berencana berinvestasi di Indonesia. Perusahaan pembuat alat-alat elektronik ini menjajaki pendirian pabrik telepon seluler atau handphone (HP).

Demikian disampaikan oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat usai menerima kunjungan dari Korean Business Community, di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

"Tadi juga Samsung Electronic menyampaikan juga bahwa dia mau investasi ponsel di sini. Karena saya katakan per tahun kita itu impor 50 juta ponsel," ungkapnya.

Namun, Hidayat belum bisa menyebutkan berapa besaran investasi yang rencananya akan digelontorkan Samsung untuk membuat perusahaan di Indonesia.

Pihak Samsung masih menjajaki pangsa pasar di Indonesia, terlebih menurut Hidayat, dengan adanya rencana investasi Foxconn Technology Group di Indonesia yang juga merupakan produsen telepon seluler, salah satunya adalah iPhone keluaran Apple.

"Dia menanyakan soal Foxconn, tapi saya nggak jawab. Saya bilang you saya persilakan masuk, saya kasih perlakuan yang sama," kata Hidayat.

Hidayat menambahkan, saat ini Indonesia masih mengimpor telepon seluler sebanyak 50 juta unit per tahun. "Kalau cuma mengimpor ponsel saja nggak lucu. Jadi saya minta," cetusnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Foxconn Technology Group juga sudah berencana membuka pabrik di Indonesia yang akan mulai beroperasi akhir 2012. Foxconn adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merek terkenal seperti Apple dan Nokia.

ModernCikande Industrial Estate (MCIE) menjadi calon kuat lokasi pembangunan pabrik Foxconn. Hari ini rencananya pihak Foxconn akan memutuskan apakah lokasi tersebut menjadi lokasi pabrik mereka.

Foxconn akan menggunakan lahan 5.000 meter persegi untuk pabrik perakitan HP mereka. Foxconn akan membeli pabrik dengan luas 4000 meter yang rencananya akan direnovasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate. Foxconn siap menggelontorkan investasi hingga US$ 10 miliar atau kurang lebih Rp 95 triliun. Tanpa bertele-tele, Foxconn bakal memproduksi handphone (HP) mulai akhir tahun ini.

(zul/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

Susul Pabrik iPhone, Samsung Berniat Bikin Pabrik HP di Indonesia

Dengan url

http://tackletheproblemofdandruff.blogspot.com/2012/09/susul-pabrik-iphone-samsung-berniat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Susul Pabrik iPhone, Samsung Berniat Bikin Pabrik HP di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Susul Pabrik iPhone, Samsung Berniat Bikin Pabrik HP di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger